Senin, 14 Maret 2011

PENEMUAN TERBARU !

Diposting oleh Rheza Rafsanjani di 06.02
Once again !
Ditemukan planet mirip "BUMI"
20101019123836_PLANET_BUMI.JPG

CALIFORNIA: Para ahli ilmu astronomi mengumumkan penemuan 32 planet baru di luar sistem tata surya. Penemuan itu memperkuat bukti dari teori bahwa alam semesta menyimpan banyak tempat yang bisa membangun kehidupan.


Penemuan planet baru di luar tata surya memang bukan hal baru. Namun, kali ini planet yang ditemukan berpotensi bisa dihuni oleh manusia atau mungkin sudah ada mahluk hidup yang mendiami planet tersebut.

Dikutip dari kantor berita Associated Press, para ahli astronomi Eropa menemukan 32 planet baru. Enam dari planet-planet yang ditemukan itu, ukurannya ada yang beberapa kali lebih kecil dan besar dari Bumi. Beberapa planet ada yang berukuran sama besar dengan planet Jupiter, bahkan ada yang lima kali lebih besar darinya.

Pakar astronomi Stephane Udry dari Universitas Jenewa menjelaskan, penemuan tersebut mendukung teori bahwa formasi planet itu pada umumnya sama, menilik dari formasi-formasi bintang. Baginya, alam tidak mengalami kevakuman. “Bila ada ruang, maka ada planet. Saya yakin banyak planet berukuran mirip bumi,” ungkap Udry dalam suatu konfrensi di Portugal, belum lama ini.

Sebelumnya, Steven Vogt, salah seorang penemu dari University of California at Santa Cruz (UCSC) mengatakan bahwa timnya menemukan planet yang mungkin bisa dihuni manusia. Planet baru tersebut ditemukan mengorbit di Gliese 581. Planet yang diberi nama Gliese 581g itu, memancarkan cahaya dan panas, berada pada jarak yang tepat dari bintang untuk mempertahankan air dalam bentuk cair.

Bahkan, menurutnya, gravitasi planet baru itu mirip dengan bumi dan kemungkinan besar memiliki atmosfir yang sama. Selain itu, planet tersebut diperkirakan membuat kehidupan dapat bertahan dalam lingkungan seperti itu walaupun bukan di Bumi. Namun, keberadaan air dan atmosfer di planet ini belum dikonfirmasi.

Saat ini, NASA akan melakukan lebih banyak penelitian yang diperlukan untuk mendukung teori astronom tersebut. Menurut NASA, sejak 1995, terdeteksi 402 bintang dengan planet-planetnya. Sejauh ini tidak ada di antara planet-planet itu, meski mirip dengan Bumi, memiliki suhu yang memungkinkan adanya air dan kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahasia Alam beserta keajaibannya Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez